
Beralihnya Teacher Center menjadi Student Center diharapkan dapat mendorong siswa untuk terlibat secara aktif dalam membangun pengetahuan, sikap dan perilaku, Siswa yang awalnya diberitahu dan disodorkan dengan berbagai kompetensi yang harus dikuasai, kini mencari tahu dengan pengalaman pembelajaran yang mereka dapatkan pada proses pembelajaran.
Memanfaatkan berbagai media pembelajaran, Metode dan Strategi dilakukan untuk peningkatan mutu siswa, pembelajaran kontekstual, bermakna dan relevan dengan zamannya menjadi proses yang harus dilewati untuk memaksimalkan bakat dan minat siswa. SMKN 4 Semarang melakukan program Alumni Berbagi yaitu Program yang berisi refleksi dengan tujuan membangun motivasi siswa diharapkan sebagai salahsatu cara membangunkan motivasi instrinsik siswa.
Hal ini telah dilakukan oleh Rhenald Daeng Lommpo yang merupakan salahsatu alumni SMKN 4 Semarang periode 2017 sd 2021, yang saat ini berkuliah di Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, dalam kesempatan ini Rhenald becerita tentang pengalaman saat bersekolah di SMKN 4 Semarang, menceritakan juga perjuangan saat memutuskan untuk melanjutkan kuliah, hal ini diikuti dengan semangat oleh adik adik kelas, refleksi yang dilakukan oleh Rhenald menginspirasi siswa SMKN 4 Semarang untuk mencontoh dan meniru apa yang sudah berhasil diperoleh baik pengalaman hidup maupun kegigihan mencapai cita-cita. Setujukah dengan pendapat Socrates dalam Story of Philosophy (1978,1926) “ Hidup yang tidak direfleksi tidak layak untuk dihidupi” hal ini mengandung tendensi anti kemapanan atau ditempat yang, selalu dinamis, aktif, terus bergerak, berkembang, dan tidak berlindung di zona nyaman dan terjebak dalam lembah kebekuan tanpa aksi.
Baca juga di :
https://www.smk4smg.sch.id
Penulis : Ice Faulia, S.Pd M.Si (Waka Humas dan Hubbin SMKN4 Semarang)
Editor : Nenden Oktafia, S. Kom
Komentar Pengunjung